Setelah berhasil mengoprek si Sony X8 milik pribadi menjadi Gingerbread, sekarang kepinginan hati menambah menjadi Ice Cream. Wah..melihat tampilan dan performa yang semakin keren tak sabar segera mengupgrade kembali.

Setelah mencari beberapa file seri ICS untuk X8 kiranya sudah cukup dan siap untuk di install seperti install seri Gingerbread. Ternyata tidak semudah itu, kita harus merubah kernel kita dulu menjadi lebih tinggi lagi. Dan merubah kernel tidak semudah yang kita bayangkan.

Saya mencoba beberapa kali dan ternyata Error alias gagal. Setelah mencari sumber permasalahan ternyata X8 dapat di ubah kernel dengan cara kita harus Unlock Bootloader x8 tersebut terlebih dahulu.

Sebenarnya untuk seri tertentu keluaran terbaru unlock bootloader sangat beresiko sekali yaitu hardbrick atau mati total. Nah jalan satu-satunya anda harus membawanya ke SE Center. Hal yang perlu saya ingatkan mengenai Unlock bootloader.

WARNING (PERINGATAN) :

  1. Unlock Bootloader dapat menghilangkan garansi handphone anda.
  2. Ini merupakan prosedure yang sangat berbahaya, kemungkinan handphone anda bisa mati total, dan kemungkinan juga pihak SE Center dapat memperbaiki HP anda.
  3. Pastikan X8 anda belum pernah anda Oprek sebelumnya terutama mengenai Unlock Bootloader, di khawatirkan hal lain yang belum kita ketahui efek dari hal yang anda lakukan akhirnya berakibat fatal terhadap X8 anda.
  4. Matikan seluruh Antivirus yang anda miliki atau uninstall antivirus anda.
  5. Saya tidak ikut bertanggung jawab jika terjadi kerusakan fatal terhadap X8 anda.
  6. X8 and W8? i.e E15i/a and E16i/a?
    Peringatan…!!!
    Buka penutup X8, lihat bagian bawah baterai. Jika tertera 11W28 ke bawah berarti cukup aman anda melakukan unlock, tetapi jika 11w29 ke atas dapat dipastikan X8 anda akan mati.

Ada beberapa hal yang perlu di siapkan. Proses ini tidak lama, yang lama proses download filenya 😀

  1. Pastikan X8 dalam kondisi sudah Root, dan jangan lupa PC juga kabel USB.
  2. Anda sudah memiliki Stock Kernel dan ROM.
  3. Flashtool v 0.6.8.0. Download it here. (For Windows)
  4. Download S1Tool. Ini digunakan untuk mengetahui apakah X8 anda memiliki jenis SIM Locks yang aman untuk membuka atau tidak.
  5. MSM Scripts. Untuk membuka kunci ketika dalam kondisi tertentu ada SIM LOCK pada ponsel Anda.
  6. Sony Ericsson PC Companion. Dibutuhkan untuk konektivitas yang lebih baik.
  7. Gordon’s Gate Drivers.
  8. Stock Kernel. Jika belum memiliki maka anda dapat mencoba kernel berikut ini. X8:Download
  9. Yang terakhir adalah Yakin dan Berani mencoba. 🙂

PERSIAPAN… saatnya melakukan persiapan.

  1. Matikan seluruh antivirus atau malware anda terlebih dahulu.
  2. Pastikan sekali lagi anda sudah siap memiliki ROM dan X8 dalam keadaan Root.
  3. Jangan lupa pastikan “Debugging Mode” dalam keadaan aktif.
  4. Install PC Compination.
  5. Install Flash Tools. Setelah selesai install Flash tools biasanya file terdapat di Drive C dengan folder Flash Tools. Cari di dalamnya folder driver kemudian Install juga File Driver tersebut.
  6. Install Gordon’s gate Driver. Namanya adalah : “ggsetup.exe”
  7. Jika Laptop anda menginginkan Restart maka Restart saja dan pastikan menyala kembali. Cek pada Task Manager setelah menyala pastikan bahwa file “ADB.exe” tidak berjalan. Jika berjalan silahkan di Kill saja.
  8. Unzip/Unrar “S1Tool” dan Unzip/Unrar “MSM File”.
  9. Jika anda sudah mendownload kernel silahkan di extract dan pastikan file di dalam berextensi “.ftf” . Copy file tersebut dan masukkan kedalam folder Firmwares yang terdapat di Flashtools.

Langkah PERTAMA.

  1. Ucapkan Bismillah semoga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.. 😀
  2. Matikan Hanphone anda.
  3. Jalankan S1Tool. Kemudian pilih Identify.
  4. Setelah muncul peringatan bahwa anda di suruh menghubungkan HP. maka seblumnya tancapkan USB Cable ke HP. Lalu dengan menekan tombol back pada HP lalu tancapkan USB ke PC.
  5. S1Tool akan membaca HP anda.
  6. Hasil Output.
  7. Jika anda mendapatkan pesan “SEMC LOCK CERTIFICATE” ini merupakan kabar baik. 😀

Kasus yang terjadi:

  1. Jika anda mendapatkan pesan: “SEMC SIMLOCK CERTFICATE”; or You had unlocked your phone using EMMA/IMEI codes; or Your phone came unlocked from company (Ikuti langkah A)

LANGKAH A:

  1. Jalankan Flash Tools.
  2. Dalam kondisi HP menyala dan sudah Root, tancapkan USB ke PC. Jika muncul popup silahkan pilih Isi daya atau Charge Phone.
  3. Maka lihat layar HP, jika muncul acces permision dari Super User  silahkan anda Allow.
  4. Setelah anda Allow cabut kabel lalu tancapkan kembali. Click Plugins >> Bootloader Unlock. Select Unlock/Run.
  5. Jika ketika anda Click tidak muncul apa-apa. Silahkan anda tutup flash tools cabut usb kemudian jalankan kembali flash tools dan hubungkan kabel usb kembali.
  6. Jika langkah no.4 Sukses, maka muncul perintah untuk menancapkan USB kembali. Yang anda lakukan cabut usb lalu matikan HP.
  7. Dengan menekan tombol back pada HP tancapkan kembali USb ke PC. Pastikan lampu indicator menyala hijau baru anda lepaskan. Maka Unlock mulai proses.
  8. Tunggu sampai FlashTool meminta Anda untuk Disconnect the cable.
  9. Flash tools akan memberi tahu. TURN ON the Phone and Reconnect the Cable. Restart the phone and wait till its completely booted. Connect the Cable now. NO BACK BUTTON HERE. Don’t use your extra brain. Silahkan anda nyalakan HP tanpa menekan tombol back.
  10. Setelah menyala proses flashtools biasanya masih berjalan, biarakan saja sampai Finish. (Unlock was successful.)
  11. Nah..selamat X8 anda telah berhasil di Unlock.
Cara Unlock Bootloader Xperia X8

You May Also Like

61 thoughts on “Cara Unlock Bootloader Xperia X8

  1. ya boss hp sony w8 ane mati total….setelah melakukan unlock bootloader,,,kira2 bos kerusakanya di software apa di hardware nya….mohon pencerahanya….

    1. Mati totalnya dalam kondisi seperti apa..? apakah dinyalakan sudah tidak mau menyala lagi atau dinyalakan tetapi hanya dalam kondisi boot saja tidak mau masuk ke sistem..?
      –Jika HP X8–
      Jika dalam kondisi dinyalakan tidak mau sama sekali maaf gan itu saya kurang mengerti. Tetapi jika dinyalakan tetapi cuma dalam keadaan boot dan tidak mau masuk sistem (cuma keluar tulisan sony erricson saja) itu hanya software. Bisa di lakukan flash pada X8nya gan, menggunakan flashtools dan dengan rtf(image original X8)
      kemungkinan sama untuk W8 agan.. 🙂

  2. mati total nya waktu di tekan tombol power udah gak mau booting lagi gan…………………..
    kira2 apa nya y gan software tau hardwarenya……………..hp atu atunya lagi……………………..
    mohon pencerahanya……..dan lam kenal gan……..

    1. masihkah sempat nyala screennya g gan? Nyala tapi blank g muncul apa2 itu kemungkinan softwarenya gan. Tetapi jika ketika di tekan tombol power sudah tidak mau menyala mohon maaf saya kurang tau. Harus di cek dulu gan.
      Jadi agan bisa langsung ke service hp saja buat ngecek apakah hardware bermasalah atau tidak.

    1. 11w25 itu seri apa ya gan..? ini untuk Xperia X8. Saya belum pernah mencoba untuk seri yg 11w25 gan… jadi tidak bisa memutuskan aman atau tidaknya. 🙂

    1. kalau masih garansi bawa aja ke sony center! tpi jgan blang kalau hpx udah d oprek sehingga mati! bwa aja trus blang aja kalau saya ganti sd cardx dengan sd card 8gb pas di nyalaain udah gak bsa! saya berhasil gan dan gak kena biaya! selamat mencoba

    1. Keterangan di atas sudah saya jelaskan gan. Jika tertera 11W28 ke bawah berarti cukup aman anda melakukan unlock, tetapi jika 11w29 ke atas dapat dipastikan X8 anda akan mati.

      Jadi saya rasa aman gan.

    1. Jika tertera 11W28 ke bawah berarti cukup aman anda melakukan unlock, tetapi jika 11w29 ke atas dapat dipastikan X8 anda akan mati. jadi kemungkinan buat agan susah kalau diatas 11w29

  3. gan soner x8 ane pas dinyalain cuma ada layar soner aja,, fungsi tombol gak ada yang mau.. gimana gan?? tadi nya udah instal custom room

    1. Apakah yg dimaksud mungkin hanya bootloader soner aja..g bisa masuk ke sistem kah…? Kalau seperti itu bisa agan flash ulang dengan image asli soner yang eclair gan. Dowload di sini gan. http://indralp.com/url/avdl
      Nanti caranya sama seperti agan di awal waktu merubah kernel agan. Waktu custom ROM. 🙂

    1. Gan abi, untuk saat ini ane blm sempet nemuin untuk di atas seri 11w28. Memang susah gan.. jadi kalaupun sempat di unlock sama aplikasi Setool box, masih ttp aja g mau kebuka gan.
      Dan memang ane mbaca di beberapa forum mengalami hal yang sama. Mungkin suatu saat agan nemuin caranya bisa shared kembali ke kita gan.. 🙂

    1. Untuk upgrade ke ICS x8 sudah di pastikan lemot non. Di karenakan memang X8 standartnya untuk eclair. Tetapi jika ingin upgrade ke atas boleh dicoba untuk Ginger, walaupun juga untuk seri yg CM10 (Jelly) juga udh keluar.
      Jika ingin mempercepat ada berbagai macam cara di harapkan non menemukan cara yg tepat sehingga tidk membebani kerja dari hp itu sendiri. 😀
      Forum Android di fb non bisa join…
      https://www.facebook.com/groups/MADIUN.ANDROID.COMUNITY/

  4. Suhu-suhu… tolong pencerahanya.. ceritanya habis Unlock Bootloader, nah ane lupa baca ini
    Peringatan…!!!
    Buka penutup X8, lihat bagian bawah baterai. Jika tertera 11W28 ke bawah berarti cukup aman anda melakukan unlock, tetapi jika 11w29 ke atas dapat dipastikan X8 anda akan mati.

    nah ternyata kalo hp ane dibelakngnya yg 11W38,
    exekusi sdh dijalnkan.. dah alhasil HARDBRICk, ga mau ngapa ngapin hpnya, dicas ga ada lmpu indikasinya… tolong Agan2 dan Sista yg cakep2 dan cantik2. selain ke SE center ada cara lain ga ?
    Read More…

        1. Masukaan gan. Mungkin bisa pakai flashtool kalau masih memungkinkan. Dan kalau memakai flashtool pastikan semua driver yang dibutuhkan telah terinstall di PC atau Laptop 🙂

  5. thanks gan, tp ini gak bisa gan, biasanya Kalo masih ada Tulisan Sony ericsson wrna hitam putih itu, pkai flashtool masih bisa terdeteksi. nah klo ini, udah matot. ga kebaca di flashtools.

  6. hp sony w8 ane mati total….setelah melakukan unlock bootloader,,,kira2 kerusakanya di software apa di hardware nya , terus tulisan di belakang hp ane 12W10 ,….. gimana nih gan binggung… mohon responya ya gan …. kalo bisa secepatnya

    1. Kemungkinan besar softwarenya gan. Tetapi tidak menutup kemungkinan kena hardwarenya jg.
      Tetapi untuk seri yang diatas 11w29 untuk sementara ini belum tau solusinya.
      Kemungkinan teman-teman ada yg tau bisa shared disini juga. Solusi silhkn bawa ke service centernya aja gan. 😀

    1. Kalau masih garansi cuma membayar ongkos pengiriman ke service center (kalau lokasi service center luar kota).
      Jika masa garansi telah out off date, ya tergantung kerusakan si..ane rasa.

  7. hp ane jadi hardbrick juga gan karena dua kali buka cmd nya di unlock boot loader yang pertama msm7227_semc trus buka lagi yang msm7227_setool2 malah jadi rusak hape ane

  8. hape ane lg dibetulin diservice center TAM , tapi kalo bootloader nya belum di restore , pengaruh sama garansinya gak gan , atau garansinya gak berlaku/dirobek gak gan ?

  9. tapi gan betulinya lama buangget , masa ya katanya janji 2 minggu udah selesai , gak taunya ane tanya setelah 2 minggu belom selesai juga , katanya spareparts konektor baterai yang rusak masih di pesen belom ada barangnya katanya 1 minggu lagi gan nyebelin banget tuh TAM ya -_-

  10. Gan, kok pas saya nyolokin hp tulisannya gini :

    TO CONNECT NEXT PHONES
    X10 Xperia,E10 Xperia Mini,E15 Xperia X8,U20 Xperia Mini Pro
    LT15 Xperia ARC,MT15 Xperia NEO,R800 Xperia PLAY
    PRESS AND HOLD “BACK” BUTTON…

    PLEASE ATTACH TURNED OFF PHONE NOW
    llbug:[\?USB#VID_0FCE&PID_2149#42583930324650575053#{a5dcbf10-6530-11d2-901f-00c04fb951ed}] open error: “The system cannot find the file specified”
    Elapsed:178 secs.

    trus ga jalan lagi gan

  11. gan, kalo udah mati total dengan batrai awal 11w42
    kalo saya ganti batrai dengan 11w27 ke bawah bisa nyala gk ?
    tolong yaa

    1. lebih baik bawa ke centernya aja gan.
      Tetapi kyaknya yg tertera awal (11w42) adalah yg berlaku gan. Wlupun diganti kebawah tp bawaannya awal itu yg berlaku.

  12. atau beli kabel kalau ngk bisa rakit ,,,, w8 di jamin matot kalau di root ,kalau tidak ngk ada signal,,, jadi diharap hati2

Leave a Reply

Your email address will not be published.